Minggu, 12 Agustus 2012

UDD PMI KABUPATEN PURBALINGGA KEMBALI ADAKAN BUKA PUASA BERSAMA DAN DONOR DARAH


Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan Buka puasa bersama dan Donor darah bagi pendonor darah rutin yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2012 dan diikuti oleh 70 orang pendonor darah rutin, Unit Donor Darah PMI Kabupaten Purbalingga kembali mengadakan kegiatan Buka Puasa bersama dan donor darah yang diikuti oleh 110 Orang Pendonor darah rutin, acara digelar di kantor UDD PMI Kab. Purbalingga pada hari minggu, tanggal 12 Agustus 2012.

Kegiatan Buka Puasa dan donor darah ini selain bertujuan sebagai wahana Silaturahmi antar pendonor darah juga sebagai terobosan untuk menambah jumlah stok darah UDD PMI Purbalingga selama musim mudik lebaran, apalagi kesempatan untuk mengadakan kegiatan donor darah bagi umat muslim pada bulan puasa terbatas pada sore atau malam hari, sehingga dapat dipastikan stok darah pada bulan ramadhan rata – rata menurun drastis sementara jumlah permintaan darah dari Pasien Rumah Sakit cenderung tetap bahkan naik, maka perlu suatu terobosan agar stok darah selalu terjaga.

Acara Buka Puasa bersama ini dimulai pada pukul 16.30 WIB, dibuka oleh Kukuh Cahya Urip  selaku Kepala Unit Pencari dan Pelestari Donor darah Sukarela ( P2D2S ) mewakili dr. Jusi Febrianto, MPH Kepala  UDD PMI Kabupaten Purbalingga yang saat itu berhalangan hadir, dilanjutkan dengan tusiyah oleh ustadz H. Rohman Supriyadi, dalam tausiyahnya ustadz Rohman menceritakan tentang keutamaan dan besarnya pahala dari beramal sholeh apalagi di bulan Ramadhan yaitu dengan memberikan sesuatu yang dapat bermanfaat untuk orang lain, seperti halnya menyumbangkan darah melalui kegiatan Donor Darah, adapun manfaat dari ibadah donor darah menurut beliau, antara lain :
  1. Dengan donor darah berarti kita mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, karena dengan fisik yang sehat kita dapat melakukan kegiatan donor darah, bayangkan kalau kita sedang sakit, tentu kita tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan donor darah.
  2. Donor darah sangat bermanfaat buat orang lain yang karena dapat menyelamatkan jiwa seseorang yang sedang sakit, sehingga nilai pahalanya sangat besar,  untuk itu beliau menghimbau agar umat Muslim dapat menjadi donor darah, disamping nilai ibadahnya yang tinggi juga manfaat yang dirasakan oleh pendonor darah itu sendiri, yaitu dengan kesehatan yang terjaga karena diperiksa secara rutin.
  3. Donor darah mengajarkan kita akan kesamaan derajat manusia di mata Allah SWT, karena donor darah dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa membedakan jenis kelamin, latar belakang social ekonomi, pekerjaan, ras, suku, agama atau warna kulit, begitu juga bagi penerimanya, seorang biar presiden sekalipun, kalau membutuhkan transfuse darah maka dia bisa ditransfusi darah dari siapa saja, termasuk tukang becak atau pemulung, jadi donor darah mengajarkan kita akan kesamaan derajat manusia.
  4. Pendonor darah adalah makhluk pilihan, ingat, bahwa darah tidak dapat diproduksi oleh mesin yang dirancang oleh manusia, sampai saat ini belum ada teknologi manusia yang dapat digunakan untuk memproduksi darah, darah manusia hanya dapat diproduksi oleh manusia, tetapi tidak semua manusia dapat mendonorkan darahnya, manusia yang sehat, manusia yang terbebas dari penyakit dan manusia yang terketuk hatinya untuk menolong manusia lainnya ini artinya Pendonor darah adalah makhluk pilihan Tuhan.
  5. Pendonor darah adalah dermawan sejati, karena dengan menyumbang darah seorang tukang becak atau pemulung sekalipun dapat beramal + Rp. 1.000.000,00 mari kita belajar berhitung, dalam 1 tahun seorang tukang becak melakukan donor darah 4 kali berarti ada 4 kantong darah, dan Biaya yang diberikan oleh keluarga pasien untuk tiap 1 kantong darah adalah Rp. 250.000,00  sehingga kalau dikalikan 4 akan ketemu angka Rp. 1.000.000,00 untuk seorang tukang becak menyumbang sejumlah itu tentu sangat luar biasa.

Demikian beberapa hal yang disampaikan oleh Ustadz H. Rohman Supriyadi dalam acara Buka Puasa Bersama Pendonor darah, Kegiatan Buka Puasa yang dilanjutkan Donor darah kali ini dapat menghasilkan 79 kantung darah dengan perincian Golongan Darah A sejumlah 18 kantong, Golongan darah B sejumlah 28 Kantong, Golongan Darah O sejumlah 31 kantong dan Golongan darah AB sejumlah 2 kantong.

Semoga semakin banyak orang yang tergerak hatinya untuk menjadi seorang relawan Donor darah dan jadilah manusia yang bermanfaat untuk manusia yang lain.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

header

header