Senin, 13 September 2010

Jurnal Posko PMI h+2 Lebaran tahun 2010

Lebaran dah lewat dua hari. tak da salahnya kami segenap crew blog pmi purbalingga dan Pengurus, staf serta relawan baik Forpis, TSR, KSR dan yang forpis bukan KSR belum (Kesatuan baru PMI Kab. Purbalingga, he3....) mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H, Mohon maaf atas segala kesalahan yang kami perbuat dan terima kasih telah membantu PMI.
Setelah kita membuka pos pelayanan Pertolongan Pertama sebelum lebaran pada posko mudik yang terbagi dalam 5 pos yang menginduk dengan pos Polisi, maka setelah lebaran kami (PMI Kab. Purbalingga) membuka posko di 3 titik yang notabene menjadi tempat pengumpulan masa. 3 titik tersebut adalah Pos PP Owabong, Pos PP Purbayasa dan Pos PP Goa Lawa.

Pada hari pertama (H+2) kondisi jalan sangat ramai, banyak mobil luar kota yang memadati jalan-jalan serta banyak mobil bak terbuka yang disesaki penumpang, bahkan jalan menuju ke owabong pergerakan kendaraan padat merayap. Pada tanjakan Pos Bayeman kita mendapati kecelakan tunggal, dimana pengendara sepeda motor jatuh karena berhenti mendadak dan pengendara tidak bisa menjaga keseimbangan motor. Namun demikian tak ada korban yang terluka.

GOA LAWA
Jam 9 tepat kami merapat di lokasi goa lawa yang sudah dipadati pengunjung, cuaca sangat cerah dengan udara yang sejuk dan asri. Namun pada tengah hari hujan mendadak turun. pengunjung yang tadinya berada di area terbuka berlarian mencari area yang beratap. Pintu masuk obyek wisata menjadi tempat yang paling banyak dipadati pengunjung, tak terkecuali pos kami yang bersebelahan langsung dengan loket dan ruang informasi. Saking sesaknya ada seorang pengunjung perempuan yang berusia belasan tahun jatuh pingsan. Kami pun langsung bergerak membantu dan membawa ke ruang perawatan.
Pemandangan pulang pun sama seperti ketika kami berangkat bahkan lebih parah. Akibat hujan deras yang melanda, mengakibatkan sebagian ruas jalan Karangreja-Bobotsari tergenang air. Selokan yang terdapat disisi jalan tidak dapat menampung air hujan yang volumenya lebih besar. Arus kendaraan pun mengalami peningkatkan yang sangat signifikan, sehingga macet pun tak terelakan. Dari pantauan pesawat radio, banyak mobil yang mengalami kampas kopling yang jebol. sehingga makin menambah sebab terjadinya kemacetan.
Bayangkan....!!!! Goa lawa - Purbalingga yang bisanya ditempuh kurang dari 30 menit sekarang kami tempuh lebih dari 2 jam.

PURBASARI PANCURAN MAS
Untuk pengunjung di obyek wisata purbasari pancuranmas yang menyuguhkan aneka satwa air mulai ikan kecil seperti ikan cupang sampai ikan air tawar yang super besar seperti araipama gigas,kolam renang dan water boom serta perahu naga, hari ini dipenuhi pengunjung, sampai - sampai pos pelayanan PP PMI harus dipecah menjadi 2, karena saking banyaknya pengunjung, ya memang karena obyek wisata ini menawarkan tiket murah meriah dengan fasilitas yang lengkap.

OBYEK WISATA AIR BOJONGSARI (OWABONG)
Pengunjung OWABONG sudah dapat dipastikan membludak, karena obyek wisata yang satu ini terkenal dengan kesegaran airnya, fasilitasnya yang mewah dan sarana yang memanjakan pengunjungnya, walaupun mahal tetap saja banyak orang yang memburunya, di pos ini petugas PMI ditempatkan di daerah yang berpotensi terjadinya kecelakaan seperti di water boom dan flying fox.

Y itulah dinamika dan romantika tradisi liburan setelah lebaran yang sudah menjadi tradisi masyarakat kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

header

header