Minggu, 26 Desember 2010

RELAWAN PMI ITU HARUS IKHLAS, CERDAS, TEGAS DAN TRENGGINAS

Dalam rangka memperingati Hari Relawan yang ke 6 tahun 2010, PMI Kabupaten Purbalingga mengadakan peringatan secara sederhana yang disatukan dengan pelantikan anggota baru KSR PMI Kabupaten Purbalingga.

Dalam sambutannya Pengurus PMI  Kabupaten Purbalingga menekankan bahwa kedepan Relawan – relawan PMI itu bukan hanya mempunyai sikap dasar 3 ER yaitu pinter, bener dan kober tetapi juga harus ditambah dengan sikap 4 AS yakni ikhlas, cerdas, tegas dan trengginas.


Sikap dasar 3 ER  yang pertama “ Pinter “ berarti pandai, relawan PMI harus pandai sehingga ia dapat mengaplikasikan kepandaiannya dalam kiprahnya di dunia kemanusiaan, selanjutnya “ Bener “ itu artinya relawan PMI harus benar, bertindak atas dasar kebenaran, sehingga dengan kebenaran yang ia lakukan akan semakin menambah kepercayaan masyarakat terhadap kiprah PMI dan yang terakhir yaitu “ Kober “ atau sempat, seorang relawan PMI harus sempat, atau meluangkan waktu untuk mengurus dan berbakti demi kemajuan PMI.

Sedangkan 4 AS itu dapat diartikan :
1.      Ikhlas, seorang relawan PMI menolong dan berbakti kepada masyarakat tanpa mengharap imbalan apapun dari mereka yang ditolong
2.      Cerdas, seorang relawan PMI harus cepat berpikir dan bertindak dengan tepat, dengan memanfaatkan potensi yang ada, sehingga kinerja PMI tidak hanya asal – asalan tanpa tujuan yang terarah dan terukur.
3.      Tegas, Seorang relawan PMI harus dapat mengambil keputusan yang berani dengan mempertimbangkan hati nurani, dan setelah keputusan itu diambil, ia konsekuen dengan keputusan itu untuk dilaksanakan.
4.      Trengginas, seorang relawan PMI harus enerjik, lincah, sehat dan trampil dalam melaksanakan tugasnya.

Jika semua itu dapat dilaksanakan maka insya allah, ke depan PMI akan semakin dicintai oleh masyarakat, masyarakat akan berempati dan bersimpati terhadap semua kegiatan yang dilaksanakan.

Itulah pesan – pesan yang disampaikan oleh Pengurus PMI pada apel pelantikan Anggota KSR baru sekaligus memperingati Hari Relawan, semoga dengan peringatan ini menjadikan Relawan PMI semakin mantap dalam mengabdikan dirinya bagi mereka yang membutuhkan kehadirannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

header

header